Pages

Diberdayakan oleh Blogger.
Memahami Al-Qur'an dan Sunnah menurut pemahaman para Salafusshalih

Mengerjakan Sunnah karena itu Sunnah

Sabtu, 19 Desember 2015

▶ DULU, Salafush shalih (para sahabat Rasulullah) mengerjakan SUNNAH karena itu SUNNAH
▶ KINI, sebagian orang meninggalkan SUNNAH dengan alas an “kan cuma sunnah..”


Islam itu sunnah. Sunnah itu islam. Tidaklah Islam itu kecuali kumpulan dari sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika semua sunnah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam baik aqidah, ibadah, akhlak, ucapan, perbuatan ataupun ketetapannya dikumpulkan (dilaksanakan) maka akan tergambarlah Islam yang sempurna. Sebaliknya ketika ummat Islam meninggalkan sunnah-sunnah beliau sedikit demi sedikit berarti Islam akan hilang sedikit demi sedikit. 

👉 Sebagaimana dikatakan oleh ‘Abdullah Ad-Dailamiy,

“Sesungguhnya pertama kali hilangnya agama (Islam) adalah dengan ditinggalkannya sunnah.  Agama ini akan hilang se-sunnah demi se-sunnah sebagaimana lepasnya tali seutas demi seutas.”
 (Al-Lalika`iy 1/93 no.127, Ad-Darimiy 1/58 no.97 dan Ibnu Wadhdhah di dalam Al-Bida’ wan Nahyu ‘anha:73, lihat Lammud Duril Mantsuur minal Qaulil Ma`tsuur hal.21)

Menghancurkan umat islam itu mudah, yaitu dengan menjauhkannya dari sunnah. Maka tidak heran di jaman kini, banyak umat islam dengan ringan berkata : “Itukan hanya sunnah, bukan wajib”. Maka, setelah sunnah ringan ditinggalkan, maka yang wajibpun akan ringan juga diabaikan. Sehingga, betapa banyak umat islam, meninggalkan dan menyepelekan sholat, khamer dan minuman keras bukan sesuatu yang menakutkan lagi, bahkan berkhalwat dan ikhtilat sudah tidak dipandang lagi sebagai gerbang menuju zina, dan masih banyak kemaksiatan lainnya baik sadar maupun tidak dilakukan. Bisa jadi Allah Azza wa Jalla menutup hati umat islam atas hidayah dikarenakan sunnah yang ditinggalkan. Wallahu a’lam bi shawab.

☕👆🚣🏿🚣🏿🚣🏿🚣🏿

Sumber Grup WA Kajian Ilmiyyah Depok

Silahkan kunjungi satucarajitu.blogspot.com untuk informasi lain yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Flag Counter

Most Reading

Sidebar One