Pages

Diberdayakan oleh Blogger.
Memahami Al-Qur'an dan Sunnah menurut pemahaman para Salafusshalih

Ritual Khusus Nishfu Sya'Ban

Minggu, 05 Juni 2016

[5/16, 06:04] Bismillah...
๐Ÿ“š *RITUAL KHUSUS NISHFU SYA'BAN*


Tata caranya sebagai berikut: “Melakukan sholat maghrib dua rakaat, rakaat pertama membaca Al-Fatihah dan surat al-Kafirun, sedangkan rakaat kedua membaca al-Fatihah dan surat al-Ikhlas. Setelah salam, membaca surat Yasin sebanyak tiga kali, bacaan pertama dengan niat minta panjang umur untuk ibadah kepada Allah, bacaan kedua dengan niat minta rizki yang baik serta halal sebagai bekal ibadah kepada Allah, bacaan ketiga dengan niat ditetapkan iman. Setelah itu membaca doa nisfhfu syaban yang awalnya adalah sebagai berikut:



ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ูŠَุง ุฐَุง ุงู„ْู…َู†ِّ, ูˆَู„ุงَ ูŠَู…ُู†ُّ ุนَู„َูŠْูƒَ ูŠَุง ุฐَุง ุงู„ْุฌَู„ุงَู„ِ ูˆَุงู„ุฅِูƒْุฑَุงู…ِ…ุฅู„ุฎ  



Ya Allah, Wahai Dzat Yang memiliki kenikmatan, tidak ada yang memberi nikmat kepadamu wahai Dzat Yang Memiliki kemulian…dst



Kami katakan: Tidak ragu bahwa tata cara ibadah seperti adalah kebidahan (perkara yang baru) dalam agama, padahal Rasulullah telah bersabda



ู…َู†ْ ุนَู…ِู„َ ุนَู…َู„ุงً ู„َูŠْุณَ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุฃَู…ْุฑُู†َุง ูَู‡ُูˆَ ุฑَุฏٌّ



Barangsiapa mengamalkan suatu amalan yang tidak ada contohnya dari kami, maka ia tertolak. 



Amalan ini tidak pernah dicontohkan oleh Nabi dan para sahabatnya. Imam Nawawi berkata: “Shalat Rajab dan Syaban, keduanya merupakan bidah yang jelek dan kemungkaran yang tercela. Janganlah tertipu dengan disebutkannya hal itu dalam kitab Quuthul Qulub dan Ihya’ Ulumuddin.



Az-Zabidi juga berkata dalam Syarh Ihya: “Sholat ini masyhur dalam kitab orang-orang belakang dari kalangan Shufiyyah. Saya tidak menjumpai landasan yang shohih dari sunnah tentang sholat dan doa tersebut, kecuali amalan sebagian masayikh.Para sahabat kami mengatakan: Dibenci berkumpul untuk menghidupkan malam ini di masjid atau selainnya.



An-Najm al-Ghoithi berkata tentang sifat menghidupkam malam nishfu syaban secara berjamaah: “Hal itu diingkari oleh kebanyakan ulama dari ahli Hijaz seperti Atho’, Ibnu Abi Mulaikah dan para fuqoha’ Madinah serta para sahabat Imam Malik, mereka mengatakan: “Semua itu adalah bidah, tidak ada dalilnya dari Nabi dan para sahabatnya”.



Adapun doa nishfu syaban di atas, itu juga tidak ada asalnya sebagaimana ditegaskan oleh az-Zabidi. Penulis kitab “Asnal Matholib” juga mengatakan bahwa itu adalah buatan sebagian orang, dikatakan bahwa pembuatnya adalah al-Buuni.



Wahai hamba Allah, suatu ibadah yang tidak ada dalam Al-Quran dan sunnah Rasulullah serta amalan para sahabat, bagaimana kalian melakukannya?! Padahal para sahabat mengatakan: “Semua ibadah yang tidak dilakukan oleh para sahabat Nabi, maka janganlah kalian melakukannya”.

____
✍ Ustadz Abu Ubaidah As Sidawi
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
๐Ÿข Management "ICA" takhassus assunnah๐Ÿ“š


๐Ÿ—ณ๐Ÿ’ฐSalurkan : INFAQ/Shodaqoh

Bersama "ICA"
Bank Syariah Mandiri
ac: 709 6755 176
an: Yayasan Islamic Centre As Sunnah


๐Ÿ’ป www.ICAssunnah.com

๐Ÿ‘ฅ "ICA" Islamic Centre As-sunnah  
๐ŸŒhttp://   www.facebook.com/groups/1674877656095925/
✉ SMS/WA 08111106421
Takhassus as-sunnah
๐Ÿ“ฉ Email: icassunnah@gmail.com
๐Ÿ“ฑPIN BB: 5AFBE192
๐Ÿ“ฎYuk Join di channel Telegram @"ICA" Takhassus As-sunnah 
๐ŸŒhttps://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10205957648492718&id=1605104005
Twitter: twitter.com/icassunnah

Sumber Grup WA Kajian Ilmiyyah Depok


Silahkan kunjungi satucarajitu.blogspot.com untuk informasi lain yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Flag Counter

Most Reading

Sidebar One