Pages

Diberdayakan oleh Blogger.
Memahami Al-Qur'an dan Sunnah menurut pemahaman para Salafusshalih

Semua Urusan Seorang mu'min adalah baik seluruhnya.

Selasa, 17 November 2015

بســم اللّـﮧ الرحمن الرحيم 

    ✒ Ibnu Mukhtar

Segala puji hanya untuk Allah semata. Shalawat dan salam untuk Rasulullah. Amma ba'du.


Saudaraku seislam yang saya muliakan, semoga Allah memberikan kepada kita kefahaman dan manfaat dari sabda Rasulullah ~shallallahu 'alaihi wa sallama~ berikut :


 عَنْ صُهَيْبٍ ، قَالَ : بَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَاعِدٌ مَعَ أَصْحَابِهِ إِذْ ضَحِكَ ، فَقَالَ : " أَلَا تَسْأَلُونِي مِمَّ أَضْحَكُ ؟ " قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، وَمِمَّ تَضْحَكُ ؟ قَالَ : " عَجِبْتُ لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ ، إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ ، إِنْ أَصَابَهُ مَا يُحِبُّ ، حَمِدَ اللَّهَ وَكَانَ لَهُ خَيْرٌ ، وَإِنْ أَصَابَهُ مَا يَكْرَهُ فَصَبَرَ ، كَانَ لَهُ خَيْرٌ ، وَلَيْسَ كُلُّ أَحَدٍ أَمْرُهُ كُلُّهُ لَهُ خَيْرٌ إِلَّا الْمُؤْمِنُ "


Dari Shuhaib bin Sinan ~radhiyallahu 'anhu~, ia berkata : "Ketika Rasulullah ~shallallahu 'alaihi wa sallama~ duduk bersama para sahabatnya tiba-tiba beliau tertawa. Lalu beliau berkata : 'Tidakkah kalian bertanya kepadaku kenapa aku tertawa?'. 


Para sahabat berkata : 'Apa yang menyebabkan engkau tertawa?'. 


Beliau bersabda : 'Aku kagum dengan urusan seorang mu'min. Sungguh semua urusannya adalah baik. Apabila mendapatkan perkara yang ia sukai maka ia memuji Allah dan itu baik untuk dirinya. Sedangkan apabila mendapatkan perkara yang ia benci maka ia bersabar dan itu baik untuk dirinya. Dan tidak seorang pun menganggap seluruh urusannya adalah baik bagi dirinya kecuali seorang mu'min.'" 


🔋 [HR. Ahmad, ad-Darimi ~rahimahumallahu~. Dishahihkan oleh al Albani ~rahimahullahu~ dalam ash-Shahihah 1/ 276-277 no. 148] 


Demikian dapat disampaikan.


Wa shallallahu wa sallama 'alaa Nabiyyinaa Muhammad


  ___ 🍃🍀🍃___


Sumber Grup WA Kajian Ilmiyyah

Silahkan kunjungi satucarajitu.blogspot.com untuk informasi lain yang bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Flag Counter

Most Reading

Sidebar One