Pages

Diberdayakan oleh Blogger.
Memahami Al-Qur'an dan Sunnah menurut pemahaman para Salafusshalih

Ketika Rambut Mulai Ber-uban

Sabtu, 02 Januari 2016

📗 Nasehat


KETIKA RAMBUT MULAI BER-UBAN



Bismillah, Alhamdulillah, was sholaatu was salaamu 'ala Rasulillah.



Saudaraku seiman, kita semua memiliki rambut yang tumbuh di atas kepala kita, rambut yang selalu kita perhatikan, selalu kita jaga kerapian nya, dan juga kita jaga kebersihannya. 



Seiring dengan bertambahnya usia, rambut yang dahulunya berwarna hitam, sedikit demi sedikit akan berubah menjadi putih. 



Ya..., itulah uban yang mungkin kita sedikit menaruh perhatian padanya, padahal...uban merupakan peringatan dari Allah kepada para hamba-Nya, marilah kita simak firman Allah berikut ini : 



وَهُمْ يَصْطَرِخُونَ فِيهَا رَبَّنَا أَخْرِجْنَا نَعْمَلْ صَالِحًا غَيْرَ الَّذِي كُنَّا نَعْمَلُ ۚ أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُمْ مَا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَنْ تَذَكَّرَ وَجَاءَكُمُ النَّذِيرُ ۖ فَذُوقُوا فَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ نَصِيرٍ



"Dan mereka berteriak didalam (neraka) seraya berkata : wahai Tuhan kami, keluarkanlah kami (dari neraka) sehingga kami bisa melakukan amal kebaikan yang dahulu belum sempat kami lakukan. Bukankah kami telah memberikan umur kepada kalian, yang mengambil peringatan darinya orang-orang yang ingat, dan telah datang kepada kalian peringatan. Rasakanlah, tidak ada bagi orang-orang yang berbuat dholim seorang penolongpun. (Q.S Fathir : 37)



Imam Ibnu Katsir menyebutkan riwayat dari Abdulloh bin Abbas, Ikrimah, Qotadah, bahwasannya yang dimaksud peringatan ( النَّذِيرُ ) dalam ayat diatas adalah 'uban'.( lihat kitab misbahul munir fi tahziib tafsir Ibn Katsiir hal. 1132 )



Oleh karena itu wahai saudaraku, semakin banyak uban yang tumbuh di rambut, alis mata, ataupun jenggot kita lebih mengingatkan kita untuk selalu bersemangat dalam mempersiapkan diri menghadapi kematian, dan juga lebih bersemangat dalam beramal shalih, sebagai bekal kita untuk menghadap Allah azza wa jalla.



✏ Ustadz Budi Santoso, Lc  حفظه الله تعالى


Sumber Grup WA Kajian Ilmiyyah Depok


Silahkan kunjungi satucarajitu.blogspot.com untuk informasi lain yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Flag Counter

Most Reading

Sidebar One