Pages

Diberdayakan oleh Blogger.
Memahami Al-Qur'an dan Sunnah menurut pemahaman para Salafusshalih

Usaha Untuk Mengobati Penyakit

Kamis, 07 Januari 2016

๐Ÿ“˜ Fikih Pengobatan


USAHA UNTUK MENGOBATI PENYAKIT



Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :



ู„ِูƒُู„ِّ ุฏَุงุกٍ ุฏَูˆَุงุกٌ، ูَุฅِุฐَุง ุฃُุตِูŠุจَ ุฏَูˆَุงุกُ ุงู„ุฏَّุงุกِ ุจَุฑَุฃَ ุจِุฅِุฐْู†ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุนَุฒَّ ูˆَุฌَู„َّ



“Setiap penyakit ada obatnya, apabila mendapati obat dari penyakit itu, maka akan sembuh dengan izin Allah ‘azza wa jalla”. (HR.Muslim)



Hadits tersebut menjelaskan kepada kita bahwasanya usaha untuk mengobati penyakit dan mencari obat yang tepat dari suatu penyakit adalah diperbolehkan dalam Islam.



Namun seorang muslim tetap meyakini bahwa kesembuhan hanya dari Allah, dan tidak dapat diperoleh kecuali dengan izin-Nya, sebagaimana disebutkan di dalam hadits tersebut.



Kemudian berobat tidak diperbolehkan dengan hal-hal yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya, seperti berobat dengan meminta tolong kepada jin dan para dukun, atau dengan jimat-jimat, ataupun dengan bahan-bahan yang haram.



ู‚َุงู„َุชْ ุฃُู…ُّ ุณَู„َู…َุฉَ : ุงุดْุชَูƒَุชِ ุงุจْู†َุฉٌ ู„ِูŠ، ูَู†َุจَุฐْุชُ ู„َู‡َุง ูِูŠ ูƒُูˆุฒٍ، ูَุฏَุฎَู„َ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ، ูˆَู‡ُูˆَ ูŠَุบْู„ِูŠ، ูَู‚َุงู„َ "ู…َุง ู‡َุฐَุง؟ " ูَู‚َุงู„َุชْ: ุฅِู†َّ ุงุจْู†َุชِูŠ ุงุดْุชَูƒَุชْ ูَู†َุจَุฐْู†َุง ู„َู‡َุง ู‡َุฐَุง، ูَู‚َุงู„َ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ: "ุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ู„َู…ْ ูŠَุฌْุนَู„ْ ุดِูَุงุกَูƒُู…ْ ูِูŠ ุญَุฑَุงู…ٍ".



Berkata Ummu Salamah : seorang putriku sakit, maka aku membuat khamr baginya dalam wadah, lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk dan khamr itu sudah masak, maka beliau bertanya : apa ini? Ummu Salamah menjawab : sesungguhnya putriku mengeluh karena sakit maka aku membuatkan untuknya khamr ini, maka beliau bersabda : “sesungguhnya Allah tidak menjadikan obat kalian dalam hal yang haram”. (HR.Ibnu Hibban, berkata al-Albany : hasan li ghairihi)




✏ Ustadz Askar Wardhana, Lc  ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰



Sumber Grup WA Kajian Ilmiyyah Depok

Silahkan kunjungi satucarajitu.blogspot.com untuk informasi lain yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Flag Counter

Most Reading

Sidebar One